Aglaonema Nitidum yang Begitu Unik dan Langka

Aglaonema Nitidum Bikin Ruanganmu Tambah Menarik

Aglaonema nitidum adalah Evergreen tropical perennial sepanjang 1,5 kaki, tegak dan lebat. aglonema nitidum bisa ditanam pada tanah yang subur dan memiliki drainase yang baik dan tempatkan di tempat dengan cahaya tidak langsung atau area yang teduh.

aglaonema nitidum
aglaonema nitidum
Harga aglaonema nitidum juga sangat terjangkau, Sehingga siapa saja bisa memilikinya. Aglaonema nitidum ada 3 jenis yaitu aglaonema nitidum curtisii, aglaonema nitidum varigata dan aglaonema nitidum crispum.

1. Genus: Aglaonema
2. Spesies: nitidium
3. Variasi

  • Jenis: Tahunan / Tahunan
  • Keluarga: ARACEAE
  • Asal: Burma ke Kalimantan
  • Light: Light / Full shade
  • Angin: Terlindung
  • Pertumbuhan: Sedang
  • Frost: Marginal
  • Evergreen: Ya
  • Asli: Tidak
  • Tinggi: 0,5m
  • Lebar: 1m

4. Posisi

  • Dalam
  • Panci / Bak
  • Di bawah Pohon

5. Ketersediaan ECERAN

  • Mudah ditemukan

6. Warna Bunga

  • putih

7. Waktu Berbunga

  • Belahan bumi Selatan

8. Zona Iklim

  • Zona: 9, 10, 11, 12

Ciri Khas Aglaonema nitidum

Batangnya tegak, terkadang berbaring di tanah saat tanaman semakin besar. Tanaman ini bekerja dengan baik di dalam wadah, sebagai tanaman rumah, atau di teras yang teduh atau dilindungi di bawah beberapa pohon.

Jika berada di luar ruangan maka perlu dibawa masuk selama musim dingin karena tidak dingin di NC.

Jenis Aglaonema nitidum

Ada 3 jenis aglaonema nitidum yaitu  nitidum curtisii, nitidum varigata dan Aglaonema crispum. Berikut ini detail detailnya.

Aglaonema nitidum curtisii

Aglaonema nitidum curtisii atau aglonema merak Aglaonema nitidum f. curtisii (NEBr.) Nicolson (1968) ialah tanaman asli dari rimba lembab di Semenanjung Malaysia dan Kepulauan Lingga.

Nama genus ialah gabungan dari kata Yunani aglaos = cerah, dan nma = utas, dengan peluang rujukan ke benang sari bunga yang cerah; nama spesiesnya ialah kata Latin "nitidum" = cerah.

sementara memiliki bentuk ambil nama dari kolektornya, Charles Curtis (1853-1928). Evergreen, tanaman tahunan herba, membuat tangkai yang umumnya tegak, tinggi sampai 1-1,2 m dan berdiameter bervariatif dari 1 sampai 3 cm, dengan batas sekitaran 1-2 cm.

Daun pada batang daun panjang 10-25 cm, dari elips sampai lonjong, tajam di pucuk, panjang 20-45 cm dan lebar 10-15 cm, dari warna hijau mengkilat intensif dengan macam abu-abu keperakan sejauh venasi lateral atau terbagi tidak teratur.

Perbungaan pada batang 10-18 cm, dibuat oleh spathe hijau yang awalannya pucat, yang selanjutnya beralih menjadi putih, panjang 3-8 cm, dan panjang spadix 4-7 cm, dengan bunga betina tempati sisi bawah sekitaran 1 cm , bekasnya dihuni oleh pria.

Buahnya ialah buah ovoid, warna putih saat matang.Ia mereproduksi dengan biji, pemisahan, pemangkasan tangkai atau mata.

Tanaman ini bisa ditanamkan di ruangan terbuka di zone cuaca subtropis tropis dan lembab dalam status teduh, pada pengeringan substrat organik, tanah yang sedikit netral atau asam.

Pada tempat lain, ditanamkan di pot, dan karena itu dipandang untuk dekor dalam ruang karena dedaunan benar-benar hias dan tinggi menyusut, karena umumnya tidak menangani meter.

Walau beruang tinggal pada tempat teduh, status bersinar, tapi jauh dari matahari langsung, akan mempertinggi variegasinya.

Aglaonema nitidum curtisii
Aglaonema nitidum curtisii

Aglaonema nitidum varigata

Aglaonema nitidum varigata Adalah salah satu jenis Aglonema yang berharga mahal dan Jarang yang memilikinya. Namun sekarang kamu bisa mencarinya secara online. Semoga berhasil ya.

Aglaonema nitidum varigata
Aglaonema nitidum varigata

Aglaonema crispum aglaonema nitidum

Aglaonema crispum aglaonema nitidum L terhitung di dalam kerabat Araceae, nama umum tanaman ini Sri Rezeki.

Tumbuhan ini sebagai herba semi perennial dengan tangkai tegak, tinggi 40-120 cm, diameter 0,8-3,0 cm. Panjang internode 1 - 1,3 cm. Panjang batang daun 8-25 cm. Seludang daun 6-12 cm.

Lembaran daun berupa ellips, panjang 14-32 cm, lebar 7-12 cm. Pangkal daun berupa pijakl, terkadang cukup lancip atau membulat.Panjang batang bunga 4-14 cm, dengan 2-5 bunga diatasnya.

Seludang bunga warna hijau sampai kuning, selanjutnya lama-lama beralih menjadi hitam. Panjang 4-7 cm, lebar 2-2,5 cm. Organ kelamin betina memiliki ukuran panjang 0,2-0,4 cm, jumlah putik 10-17.

Staminate panjang 1,6-2,6 cm, tebal 0,2-0,3 cm. Buah awalannya warna kuning selanjutnya beralih menjadi merah. Panjang 1,5-2 cm dan tebal 0,9-1,5 cm. Masa berbunga jatuh di bulan Agustus.

Tumbuh optimum di dataran menengah sampai daratan tinggi 300-900 m dpl, teduh dan tidak terserang cahaya matahari langsung.

Aglaonema crispum aglaonema nitidum
Aglaonema crispum aglaonema nitidum

Cara Merawat Aglaonema nitidum

Ini adalah perawatan yang rendah dan sering terlihat di interior kantor atau mal karena membutuhkan penyiraman yang jarang dan tahan bahkan dengan cahaya yang sangat redup.

Itu hanya membutuhkan pupuk yang encer sekali atau dua kali setahun. Batang tinggi dan batang bunga dapat dipangkas kembali untuk mengarahkan energi ke pertumbuhan foilage.

Tanah yang kaya tetapi berdrainase baik, dapat bertahan pada periode kering tetapi lebih menyukai kelembaban yang teratur dan ph tanah yang sedikit asam hingga netral.

Jauhkan dari sinar matahari langsung yang kuat dimana akan menyebabkan daun gosong dan tidak overwater yang menyebabkan pembusukan rimpang.

Harga Aglaonema nitidum

Harga Aglaonema nitidum berkisar diantara pulurah ribu rupiah, atau 20rb untuk yang sudah berdaun 6 lembar. Kamu bisa mencarinya di toko online atau Lapak Tanaman Hias terdekat.

Itulah mengenai Aglaonema nitidum yang bisa menjadikan ruanganmu menarik. Sesuaikan dengan kantongmu mau cari yang umum atau langka. Semoga berhasil.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url