Calathea Louisae Dengan Daun Tipis dan Kecil yang Menarik

Calathea Louisae Dengan Daun yang Mencolok

Calathea louisae merupakan salah satu jenis tanaman hias dengan memiliki berbagai jenis atau tipe. satu diantara kalatea calathea louisae adalah jenis Thai Beauty. 

  • Nama Umum: Calathea Louisae
  • Asal: Benua Amerika dan Tumbuh di Tropis
  • Bunga: Tidak Berbunga

Calathea louisae
Calathea louisae

Kalatea louisae ini datang dari Brazil yang telah banyak diperbudidayakan di berbagai penjuru dunia. Goeppertia louisae salah satu tanaman hias untuk Anda yang memang menyukai dengan wujud daun yang lebih mencolok. 

Berikut ini adalah seputar informasi mengenai calathea louisae gagnep. Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan.

Ciri-ciri, Wujud, dan Warna

Calathea louisae memiliki ciri ciri pada daunnya yang begitu terlihat lebih tegas. Dengan bentuk daunnya lebih tipis serta kecil semakn membuat tampak menarik. 

Warna daun dari Calathea louisae Thai Beauty memiliki ciri khas varigata kuning namun bersatu hijau. Dengan warna tersebut memberikan sebuah kesan fresh di mata yang pertama kali melihatnya. 

Perkiraan tumbuh dari tanaman hias ini kira kira bisa mencapai 80 cm. Daunnya juga terlihat memanjang sampai 22 cm dan lebar bisa mencapai maksimal 10 cm. 

Dengan garis hijau tua dari sisi tangkai sampai ke ujung daun, membuat warna daun terlihat lebih menarik. Dibandingkan dengan yang lain tipe ini memiliki daun yang paling mencolok coraknya.

Harga Calathea Louisae

Harga calathea louisae ini sangatlah bervariasi. Tergantung dari tingkat besar kecilnya tanaman serta besar kecilnya pot.Coba anda cari ditoko online maupun lapak tanaman hias terdekat.

Harganya berkisar 20 Ribu sampai ratusan ribu rupiah. Jadi tidak mahal ya, dan calathea tipe ini cocok sekali disudut ruanganmu.

Cara Menanam Calathea Louisae

Berikut ini adalah beberapa petunjuk untuk cara menanam calathea louisae. Mulai dari pembibitan sampai dengan perawatan selanjutnya. Semoga sukses ya gaes.

Penyeleksian Bibit

Pemilihan bibit adalah langkah paling pertama dan 60 persen penentuan keberhasilan dari tanaman hias ini. Maksudnya supaya dapat tumbuh subur. Langkah pilih bibit yang sehat ialah sisi daunnya warna hijau ceria dan memiliki bentuk tidak menggulung.

Sisi tangkai bibit yang sehat tidak ada ikatan dan batangnya tumbuh lempeng. Ciri-ciri yang lain dari bibit yang sehat keadaan ranting tumbuh dengan sejajar dan rata. Disamping itu saksikan keadaan akarnya supaya tidak salah pilih.

Persiapan Media Tanam

Langkah menanam Calathea louisae tipe ini memakai tempat tanam yang terbagi dalam tanah, pupuk kandang, arang sekam, dan serbuk kelapa yang telah tua. Tempat yang terbaik adalah pot yang bisa dipakai dengan perbandingan antara 1:1 untuk pupuk kandangnya dan tanah.

Tempat tanam dari tanah dan pupuk kandang harus diaduk-aduk rata saat sebelum dimasukkan bibit bikinlah lubang dengan kedalamannya tinggi 5 cm sampai 10 cm. Padatkan tanaman media disekitaran tanamannya supaya tidak gampang ambruk.

Lokasi Penempatan tanaman kalatea louisae

Pada proses menanam status peletakannya penting untuk diperhitungkan. Bila dalam ruang atau indoor yakinkan sinar matahari masih tetap dapat didapat oleh Calathea louisae. 

Status yang pas menjadi opsi pada bagian jendela. Bila ditanamkan di luar yakinkan juga keadaan tanahnya selalu lembap.

Cara Merawat Calathea Louisae

Berikut ini adalah cara merawat calathea louisae, coba cermati satu persatu. Dan pasti berhasil kok, harus dengan sabar dalam merawat salah satu jenis calathea ini.

Pergantian Media Tanam

Langkah menjaga Calathea louisae dengan lakukan pergantian tempat tanam kurang lebih adalah tiap 6 bulan. Hal ini dilakukan agar tanaman bisa segera tumbuh dengan subur.

Pemakaian Pupuk

Pemberian pupuk pada tanaman ini akan membuat daunnya tumbuh fresh yang berwarna hijau tua. Kandungan yang dibutuhkan dari dalam pupuknya ialah fosfor dan nitrogen. Pupuk seharusnya diberi sebulan sekali.

Penyiraman

Kerjakan proses penyiraman secara periodik, janganlah sampai tanaman jadi kering. Jauhi penyiraman tanaman yang terlalu berlebih seperti menggenang di atas tanahnya sebab bisa menghancurkan tanaman.

Baiknya yang ditanamkan di indoor dapat dilaksanakan penyiraman minimum 1-2 kali seminggu. Berlainan yang ditanamkan di outdoor penyiraman harus seringkali karena memperoleh semakin banyak sinar matahari.

Menghindari Gulma dan Jamur

Langkah perawatan yang tidak kalah penting dan pastinya membutuhkan kesabaran ialah penyiangan supaya tanaman tidak terganggu dengan tanaman gulma. 

Penyiangan ini dapat disamakan waktunya dengan keadaan tanaman. Disamping itu di pada proses penyiangan Anda pun perlu membuat daun yang menguning supaya kerusakan ini tidak menyebar ke sisi daun yang lainnya.

Kesimpulan

Calathea louisae ‘Thai Beauty' sebagai salah satunya tipe yang banyak disukai. Tanaman Calathea ini sedang Terkenal dan banyak sekali yang melestarikannya. Bukan hanya di indoor, tapi juga outdoor perkantoran sangat cocok dengan jenis tanaman hias ini.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url