Calathea Makoyana yang Cocok Di Ruangan Sempit Sekalipun

Calathea Makoyana dengan Nama Lain Merak Batik

Calathea makoyana, merupakan salah satu jenis tanaman hias yang paling umum dijumpai di mana-mana dan bisa ditanam diseluruh dunia yang mempunyai 4 musim atau musim tropis seperti indonesia. 

  • Asal: Brasil.
  • Nama: Calathea Makoyana, Tanaman Merak. 
  • Nama Umum: Jendela Katedral. 
  • Nama Ilimah: Calathea atau Maranta Makoyana.
  • Pertumbuhan Maks (perkiraan): tinggi 2 kaki.
  • Beracun untuk hewan peliharaan: Tidak beracun untuk kucing dan anjing.

Calathea makoyana
Calathea makoyana

Makoya adalah Spesies yang cocok dengan pencahayaan buatan, sehingga dapat hidup eksis dalam ruangan. Bagus sekali kan.

Ciri Ciri Calathea Makoyana

Ciri dari calathea makoyan memiliki Daunnya lonjong, berwarna kacang, dengan pola hijau tua. Polanya juga terlihat jelas di bagian bawah daun.

Habitat asli Calathea makoyana atau tanaman Merak adalah tanaman asli Brasil Timur. Tanaman bergenre bunga ini dapat ditempatkan pada wadah pot dengan penggunaan media tanam seperti kompos kombinasi yang lain.

Komponen berupa tanaman yang menggunakan dominasi warna hijau akan memberikan efek seperti hutan. Ide taman ini memang memerlukan ruang yang sedikit lebih luas. 

Namun, dengan menggunakan komponen berupa tanaman calathea makoyana atau sering di istilahkan dengan calathea merak batik, taman terasa lebih hijau dan serasa seperti hutan meskipun kondisi areanya sempit. 

Cara Meletakkan Calathea Makoyana

cara meletakkan calathea makoyana sebenarnya bisa ditempatkan baik didalam ruangan maupun luar ruangan. Kamu mau memilih yang mana, tempatkan pot yang menarik dan pilih ruangan yang mana kamu suka.

Cahaya dan posisi di rumah

Calathea Makoyana lebih sengan sinar matahari sedang dan tidak langsung ke daun. Jauhkan dari sinar matahari langsung, yang akan membuat warna daun menjadi kusam. 

Cahaya yang sangat rendah dapat memperlambat pertumbuhan. Dan daun akan terawat dengan baik dan tambah menarik.

Bunga dan dedaunan

Sebuah showstopper tanaman yang benar-benar membuat pernyataan desain karena pola daun yang menakjubkan yang menyerupai ekor burung merak. 

Seperti mantel catwalk reversibel yang indah, ia memiliki daun lonjong lebar bertangkai kemerahan (sampai 12”) dengan latar belakang krem ​​pucat dan desain dan garis hijau tua oval. Tanda hijau tua berwarna ungu keunguan di bagian bawah daun.

Penyiraman dan kelembaban

Supermodel tanaman ini agak cerewet dan suka berkabut setiap hari. Jika udara terlalu kering, daun akan berubah menjadi coklat atau kuning. 

Di mana pun praktis, jaga kelembapan tetap tinggi. terutama di musim dingin dengan meletakkan pot tanaman di atas kerikil basah, atau tumbuh di ruangan yang lembab. 

Gunakan air suling atau air hujan jika Anda bisa, dan jaga agar tanah tetap lembab dan tidak tergenang air. Kurangi penyiraman selama musim dingin sesuai kebutuhan tanaman.

Cara Merawat dan Menanam calathea Makoyana

Berikut ini adalah beberapa petunjuk cara merawata calathea makoyana. Coba ikuti satu persatu, dan dimodifikasi sesuai pertimbangan yang lain.

  1. Suhu: Suhu ideal yang dibutuhkan harus antara 60ºF – 75ºF (15,5-24ºC). Hindari tetes tiba-tiba yang akan mempengaruhi pertumbuhan dan angin dingin.
  2. Cahaya: Sinar matahari tidak langsung paling cocok untuk spesies ini. Sinar matahari langsung akan merusak daun dan cahaya rendah akan memperlambat pertumbuhan, sehingga diperlukan sedikit keseimbangan.
  3. Penyiraman: Air secara menyeluruh selama musim tanam kemudian secara alami berkurang selama musim dingin. Drainase yang baik itu penting.
  4. Tanah: Gunakan tanah yang menahan kelembapan dan mengalirkan air dengan baik. Campuran 2 bagian gambut dan 1 bagian pasir atau perlit akan berhasil.
  5. Re-Potting: Repot setiap 2 tahun sekali. Selama musim semi adalah yang terbaik.
  6. Pupuk: Pakan hanya selama musim tanam dari April – Oktober dengan pakan cair encer setiap 2 minggu sekali.
  7. Kelembaban: Calathea menikmati kelembapan di iklim alaminya. Jika Anda dapat mencoba dan menaikkan level bahkan jika Anda hanya mengaburkan tanaman atau meletakkan pot di atas nampan kerikil dengan air di dalamnya. Ketika kelembaban rendah dari udara kering, Anda mungkin melihat ujung daun menjadi kecoklatan.
  8. Perbanyakan: Metode perbanyakan untuk spesies ini adalah dengan pembagian. Hal ini dilakukan ketika tanaman telah tumbuh cukup besar untuk memisahkan rumpun batang dengan akar. Sampai tanaman baru tumbuh, tutupi dengan plastik agar kondisi tetap hangat dan lembab. Cobalah untuk menyebarkan ketika saatnya untuk direpoting.

Harga Calathea Makoyana

Harga calathea Makoyana sangat bervariasi. Coba cek di toko online atau lapak tanaman hias terdekat. Calathea makoyana harga Dimulai dari puluhan ribu 80 Ribu sampai dengan Ratusan ribu sekirat 800 ribu.

Kesimpulan

Calathea makoyana sangat bagus sekali bila ditanam di indoor, dengan harga yang murah pula bisa menghiasi sudut ruanganmu. Perawatan juga sangat mudah asalkan menggunakan panduan seperti diatas. Semoga berhasil.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url