Calathea roseopicta yang Menarik Dengan Pola Mawar

Calathea roseopicta Sangat Menarik Sekali

Calathea roseopicta, dikenal juga sebagai Calathea dengan pola mawar. Kalatea roseopicta ialah salah satu jenis tanaman hias marga calathea dengan daunnya yang besar serta menakjubkan untuk dilihat. 

  • Nama Ilmiah: Goepertia roseopicta
  • Nama Umum: Calathea roseopicta
  • Asal: Brasil, Kolombia, Peru, dan Ekuador
  • Berbunga: Tidak mungkin mekar di dalam ruangan. Bunga kecil berwarna putih atau ungu tumbuh langsung dari rimpang pada tangkai pendek.
  • Toksisitas: Tidak beracun

Calathea roseopicta
Calathea roseopicta

Goeppertia roseopicta dikembangbiakkan dan menghasilkan beberapa varietas lain yang tidak kalah menarik juga. calathea roseopicta angela salah satunya, ini sangat menarik bukan.

Calathea roseopicta menjadikan bagus sekali dengan rumpun yang menyatu sehingga terlihat menarik. Tanaman hias ini dapat memikat siapa saja yang melihat dan ditempatkan pada pot dan teras rumah atau balkon.

Ciri Ciri Calathea Roseopicta

Ciri ciri Calathea Roseopicta memiliki daun dengan bentuk elips dan warna hijau. Terdapat garis-garis warna merah muda dari batang daunnya. Namun akan menjadi berubah garis-garisnya berwarna putih pada saat tanaman calathea ini tumbuh dewasa. 

Pada saat malam hari Daun-daun ini akan terlihat menggulung seperti tanaman doa saja yang lainnya. Daunnya tumbuh dengan tangkai yang sedikit panjang dan tingginya kurang lebih bisa mencapai 30 cm.

Bunga Calathea roseopicta yang dihasilkan dari tanaman hias ini bisa sepanjang musim panas yaitu cirinya bunga putih dan dengan warna ungu juga namun tidak menonjol, sehingga tetap baik untuk dilihat. Biasanya bersembunyi dibalik daun.

Dua aspek khusus yang penting diperhitungkan saat menempatkan tanaman ini ialah tidak meletakkannya di bawah cahaya matahari langsung. agar daunnya tidak terbakar sehingga tanaman hias ini rusak.

Harga Calathea Roseopicta

Harga Calathea Roseopicta ini sangat bervariasi. Tergantung dari besar kecilnya tanaman hias dan Pot yang menarik. Harganya berkisar 50 ribu sampai 350 Ribu Rupiah. Coba saja cari dimarketplace atau lapan tanaman hias terdekat.

Calathea Roseopicta : Ringkasan Perawatan 

Dibawah ini adalah Ringkasan perawatan untuk Calathea Roseopicta. Semoga kamu bisa berhasil merawatnya dan menjadikan menarik.

  1. Persyaratan Cahaya: Terang, cahaya tidak langsung. Tempatkan di ruangan yang terang, tetapi hindari sinar matahari langsung.
  2. Penyiraman: Siram secara menyeluruh setelah bagian atas tanah terasa kering. periksa tanaman Anda secara teratur dan hati-hati untuk melihat apakah perlu disiram. Pastikan untuk membiarkan pot terkuras secara menyeluruh setelah disiram.
  3. Tanah: Tanah yang dikeringkan dengan baik, tetapi tahan kelembaban. (Tautan ke opsi hebat di Etsy). Jika menggunakan campuran pot yang sudah jadi, coba tambahkan 1/3 perlit untuk meningkatkan drainase.
  4. Suhu: 64ºF (18ºC) hingga 75ºF (24°C). Hindari suhu di bawah 60°F (15°C).
  5. Pupuk: Pupuk dengan persiapan seimbang setiap 4-6 minggu selama Musim Semi dan Musim Panas.
  6. Kelembaban: Minimum 40%, tetapi >60% jauh lebih baik. Akan mengembangkan tepi daun coklat dalam kelembaban rendah.
  7. Pemangkasan: Pangkas dedaunan yang mati atau rusak tepat di atas permukaan tanah agar tanaman Anda tetap terlihat terbaik dan untuk mengurangi risiko hama atau penyakit.
  8. Perbanyakan: Calathea roseopicta dapat diperbanyak dengan membagi rimpang tanaman dewasa.
  9. Re-Potting: Sering mengalami kesulitan setelah repotting, jadi tunggu sampai pertumbuhannya terbatas atau tanaman Anda menjadi sangat terikat.
  10. Penyakit dan Hama: Rentan terhadap hama termasuk tungau laba-laba, kutu putih, thrips, sisik, dan agas jamur. Cukup tahan terhadap penyakit kecuali overwatered.

Cara Penanaman Calathea Roseopicta

Calathea roseopicta dengan alami diketemukan di rimba hujan di Amerika Selatan. Karena ini adalah salah satu tanaman hias yang hidup dihutan, harus dilakukan perawatan yang khusus.

Dibawah ini adalah beberapa petunjuk untuk menanamnya. Semoga berhasil.

Keperluan Sinar Matahari

Tanaman Calathea Roseopicta tidak bisa menerimai cahaya matahari langsung. Sehingga harus ditaruh di lokasi yang ada atap namun berlubang. Ini kerap ditawarkan sebagai lokasi yang pas untuk lokasi yang paling gelap tetapi sayang ini sedikit mitos.

Walau Calathea roseopicta kemungkinan bertahan di dalam lokasi dengan sedikit sinar, Tanaman hias ini tidak berkembang secara cepat atau susah tumbuhkan daun baru.

Lokasi Penanaman

Ketika menentukan lokasi untuk Calathea roseopicta Anda, ada faktor-faktor yang penting diingat. karena Keperluan penerangannya bisa juga ditaruh di dekat jendela dengan jarak kurang lebih 1 meter, sehingga sinar tidak langsung ke daunnya.

Karena lebih cocok dan banyak kelembapan, dia biasanya lebih tepat didekat dapur atau kamar mandi, yang sering sedikit lembab dibanding sisi lain rumah Anda.

Media dan Langkah Menanam

Saat menjadikan satu kombinasi tanah untuk Calathea roseopicta Anda, penting untuk dijadikan petunjuk bahwa tanaman ini menyenangi tanah yang cukup lembab tapi tidak tergenangi air. 

Memiliki arti Anda memerlukan kombinasi yang meredam air tapi juga memungkinkannya kelembapan berlebihan mengucur dengan cepat.

Mayoritas sumber mereferensikan tanah gambut yang digabung dengan sekitaran 1/3 sekam bakar untuk tingkatkan drainase. 

Ini berperan bagus untuk tanaman, tapi sayang tanah gambut bukan bahan pot yang gampang didapatkan di Indonesia. Sebagai gantinya Anda bisa coba memakai sabut kelapa sebagai gantinya.

Jika menanam dengan pot,seharusnya dengan pot plastik berlubang, Beberapa lubang pada bagian bawah memungkinkannya air yang tampak berlebihan akan mengalir kebawah, sementara bahan plastik menahan tanah jadi kering sepenuhnya.

Penyiraman Calathea Roseopicta

Kemungkinan sedikit susah untuk mendapati keseimbangan yang pas dalam hal penyiraman. karena tanaman ini menyenangi tanah yang lembab tapi tidak suka terlalu banyak air juga dalam media tanamnya. 

Sepanjang musim tanam, coba menyirami sedikit seringkali satu minggu sesudah sisi atas tanah mengering, namun didalam sudah sedikit kering. Sepanjang musim penghujan saat tanaman sedikit berkembang atau mungkin tidak ada perkembangan baru Anda bisa kurangi frekwensi penyiraman.

Bila Anda menyirami secara benar namun tetap berasa jika Calathea roseopicta Anda tidak tumbuh subur secara baik, coba sekali kali menggunakan air suling/air mineral. 

Tanaman ini, seperti banyak tanaman yang lain, sensitif pada mineral di air keran. Karena kandungan yang didalam air merusak tanaman.

Pemupukan Calathea Roseopicta

Pupuk dasar dari tanaman hias ini adalah yang bisa dicairkan seperti NPK. Pupuk ini akan bekerja dengan baik untuk perkembangan pertumbuhan calathea roseopicta ini tetap subur dan terlihat menarik.

Kesimpulan

Calathea Roseopicta bisa menjadi pilihan utama, walaupun Harus diingat jika ada beberapa varietas calathea yang lain dengan warna dan skema yang menarik. Semoga kamu bisa mencoba membelinya. Semoga sukses yaa.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url