Biaya BBN Motor Termasuk Syarat Balik Nama Sepeda Motor

Biaya BBN Motor Berikut Syarat Balik Nama Sepeda Motor

Cara balik nama motor pada saat Anda membeli sepeda motor bekas harus anda ketahui. hal utama yang harus dilakukan adalah mengetahui cara mutasi motor. 

Ini dapat menghindari urusan hukum tentang kepemilikan kendaraan karena sudah melakukan dan mengetahui cara cabut berkas motor.

Cara balik nama sepeda motor menggunakan dua dokumen yang perlu Anda simpan dengan rapi.

Dokumen tersebut adalah Surat Tanda Naik kendaraan (STNK) dan Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). 

Ada Beberapa orang memilih cara balik nama stnk motor dengan menggunakan Biro Jasa atau kantor layanan jasa tertentu sehingga proses balik nama lebih mudah. 

Biaya BBN Motor
Biaya BBN Motor

Tetapi cara cabut berkas mobil dengan metode ini akan jauh lebih mahal.

Karena itu, jika Anda memiliki banyak waktu luang, Sekarang cara balik nama motor online bisa anda lakukan sendiri. 

Sehingga cara mutasi motor dan balik nama tentunya menjadi semakin mudah, karena hanya menggunakan smartphone. 

Anda akan menemukan beberapa informasi cara cabut berkas motor secara online, cara balik nama bpkb motor, cara balik nama motor beda wilayah serta cara mengurus balik nama motor di bawah. 

Tentunya Berupa Prosedur, Persyaratan dan biaya yang harus Anda persiapkan sebelumnya.

Proses Balik Nama Motor

Berikut ini adalah Prosedur Balik Nama Motor dan Proses Balik Nama Motor yang harus dilakukan satu persatu. 

Jangan lupa Tandai artikel ini agar kamu ingat langkah-langkah untuk balik nama motor yang ter-update (2022)!

Syarat Balik Nama Motor

Syarat Balik Nama Motor atau ganti nama stnk motor sebenarnya cukup mudah. Namun alangkah baiknya Sebelum mengirimkan untuk melakukan balik nama STNK dan BPKB, Anda harus menyiapkan semua dokumen yang diperlukan secara penuh. 

Memenuhi semua persyaratan balik nama motor yang diminta, Apabila syarat balik nama sepeda motor sudah lengkap semua prosedur dapat berjalan dengan lancar dan tidak bolak balik.

A. Syarat BBN Motor

Dokumen yang harus disiapkan sebagai syarat Syarat BBN Motor atau Balik Nama STNK Terlebih dahulu sebagai berikut:

  • Kartu identitas asli [KTP] dan Termasuk fotokopi.
  • STNK dan fotokopi [asli].
  • BPKB dan fotokopi [asli].
  • syarat balik nama kendaraan bermotor selanjutnya adalah Kuitansi pembelian atau Bukti tanda terima pembelian sepeda motor yang telah ditandatangani serta stempel.

B. Persyaratan Balik Nama BPKB Motor

Sebelum Persyaratan Balik Nama BPKB Motor atau ganti nama bpkb motor, Anda harus terlebih dahulu menyelesaikan proses balik nama STNK. 

Karena salah satu persyaratan untuk dapat syarat balik nama bpkb motor adalah memasukkan fotokopi STNK yang telah dibalik atas nama Anda. 

Lebih lanjut, persyaratan balik nama sepeda motor silahkan ikuti langkah sebagai berikut:

  • Fotokopi STNK yang sudah menjadi nama Anda.
  • Fotokopi KTP.
  • Fotokopi serta BPKB asli.
  • Fotokopi bukti pembelian atau penerimaan pembelian sepeda motor.
  • Fotokopi hasil Cek Fisik Kendaraan Bermotor.

Prosedur Balik Nama Motor

Setelah memenuhi persyaratan di atas, Anda harus memperhatikan langkah berikutnya, Prosedur Balik Nama Motor. Ikuti langkah langkah dibawah ini atau kamu bisa melakukan balik nama motor online.

Anda dapat mengikuti sehingga proses balik nama mesin dapat bekerja dengan lancar dan tidak ada hal yang tidak diinginkan.

A. Cara Balik Nama STNK Motor

Berikut adalah langkah -langkah yang perlu Anda ambil untuk mengubah nama STNK:

  1. Datang langsung ke Samsat terdekat biasanya dilayani dengan satu atap dan jangan lupa untuk memberikan persyaratan yang disebutkan di atas.
  2. Di Samsat, sepeda motor Anda akan diperiksa secara fisik oleh petugas, maka Anda akan menerima selembar hasil kontrol fisik.
  3. Setelah verifikasi fisik khusus di belakang nama dan berikan hasil verifikasi fisik dengan dokumen yang telah Anda siapkan.
  4. Bayar cek fisik untuk validasi.
  5. Setelah dokumen pemeriksaan fisik sepeda motor Anda dikembalikan, lakukan fotokopi per lembar karena karena lembar verifikasi fisik akan diperlukan saat balik nama BPKB.
  6. Setelah itu, kunjungi konter perekaman nama, lalu isi formulir yang diberikan oleh loket dan tunggu nama Anda dipanggil oleh petugas sesuai dengan nomor antrian.
  7. Lakukan pembayaran untuk biaya pendaftaran nama. Biasanya, setelah 2 hingga 5 hari, disarankan untuk kembali ke Samsat.
  8. Jika hari yang ditentukan oleh petugas tiba, kembali ke Samsat, kirimkan semua dokumen dengan lembar Kkamu Anda di konter pendaftaran.
  9. Anda harus membayar pajak di konter pembayaran setelah menerima pemberitahuan pajak dari petugas.
  10. Setelah menyelesaikan pembayaran pajak, hal yang harus Anda lakukan adalah menunggu sampai petugas menelepon untuk mengambil STNK yang sudah diganti dengan nama Anda.

B. Cara Balik Nama BPKB

Jika sebelumnya, prosedur pemrosesan dijelaskan dengan nama STNK, kali ini, langkah -langkah akan dijelaskan dengan nama BPKB. Ini jalannya:

  1. Datanglah ke Kantor Polisi Wilayah dengan dokumen -dokumen persyaratan yang telah disiapkan. Untuk penduduk DKI Jakarta, silakan kunjungi gedung biru Ditlantas Polda Metro Jaya di wilayah Jakarta selatan.
  2. Setelah mengambil nomor antrian, isi formulir pengembalian nama BPKB yang diberikan oleh petugas.
  3. Jika petugas memeriksa kelengkapan persyaratan, Anda akan diundang untuk melakukan pembayaran di konter BRI Bank yang telah disediakan. Anda akan mendapatkan stiker khusus untuk dilampirkan ke formulir pendaftaran BBN BPKB.
  4. Setelah mengembalikan pembayaran, Anda akan menerima formulir pendaftaran BPKB BBN BPKB yang harus diisi sesuai dengan data sepeda motor Anda.
  5. Tempelkan stiker khusus yang Anda terima sebelumnya dalam formulir pendaftaran BPKB BBN yang telah diisi.
  6. Kirim formulir dan semua file ke petugas. Anda akan mendapatkan pekerjaan Anda, yang juga disertakan saat Anda dapat mengambil BPKB.
  7. Jika tanggal yang ditentukan telah tiba, silakan kembali ke polisi regional untuk mengambil BPKB yang telah dipertukarkan pada nama Anda dengan memberikan taman kanak -kanak dan fotokopi KTP Anda.

Note:  Syarat mutasi motor atau syarat mutasi mobil kurang lebih sama. pertama kali adalah melakukan cabut berkas kendaraan tersebut di asal kota samsat. Sedangkan untuk persyaratan cabut berkas motor serta persyaratan cabut berkas mobil akan kami bahas diartikel selanjutnya Berikut syarat cabut berkas motor dan syarat cabut berkas mobil.

Biaya Mutasi Motor

Setelah melakukan prosedur diatas, Anda harus tahu berapa banyak Biaya Mutasi Motor yang harus disiapkan sebelum pergi ke kantor Samsat terdekat.

Berapa total biaya untuk biaya cabut berkas motor serta biaya mutasi dan balik nama motor ini? Ada biaya BBN motor pada pajak STNK dan pembayaran biaya balik nama BPKB motor yang harus Anda lakukan. Inilah biaya ganti nama bpkb motor dan cara menghitungnya.

A. Biaya Pajak

Biaya pajak sepeda motor ini terdaftar di STNK atau anda bisa melakukan cek biaya balik nama motor online. ini bisa kamu lakukan juga untuk cek biaya balik nama mobil online.

Namun, aturan masing -masing wilayah mengenai biaya balik nama sepeda motor berbeda. Biaya mutasi masuk motor yang dicontohkan adalah sesuai dengan aturan provinsi DKI Jakarta di bawah ini mungkin merupakan perkiraan Anda untuk mempersiapkan pembayaran pajak sepeda motor bekas.

  • Perkiraan berikut mematuhi peraturan regional provinsi DKI Jakarta nomor 9 2010 dan PP nomor 76 tahun 2020 mengenai jenis dan harga pada jenis pendapatan non -taks (PNBP).
  • Biaya pendaftaran untuk nama proses punggung IDR 70.000 - 100.000 IDR
  • Proses mengembalikan nama sepeda motor (BBN2) adalah 1% dari nilai penjualan kendaraan bermotor (NJKB) atau ⅔ dari pajak untuk kendaraan bermotor (PKB)
  • Pajak tahunan atau PKB umumnya berdasarkan biaya PKB tahun sebelumnya atau pemeriksaan STNK.
  • Fixture SWDKLLJ (Donasi Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan) Motorbike sebesar RP35.000
  • Biaya administrasi untuk pendaftaran kendaraan bermotor adalah 100.000 rp.
  • Biaya administrasi TNKB (nomor kendaraan bermotor KAMU) adalah RP. 60.000.
  • BPKB RP.225.000 Biaya Administrasi Sepeda Motor

B. Contoh Perhitungan Biaya Pajak Motor

Inilah cara menghitung biaya sepeda motor bekas yang baru saja Anda beli. Jika Anda membeli sepeda motor kedua dari Rp. 10.000.000, Anda ingin memperlakukan balik nama sepeda motor, serta membayar pajak atas sepeda motor 5 tahun, berapa total biaya pajak sepeda motor yang harus Anda bayar yang harus Anda bayar ?

  • Rekaman Nama Sepeda Motor: 100.000 Rp. (Menurut Kantor Samsat)
  • Nama Proses Biaya 2 (BBN2): 1% x Rp. 10.000.000 = Rp. 100.000
  • Pajak Tahunan Sepeda Motor: Wilayah Pajak Tahunan (DKI Jakarta 2%) x Rp. 10.000.000 = Rp. 200.000
  • Motor SWDKLLJ: IDR 35.000
  • Administrasi Publikasi TNKB: 60.000 IDR
  • STNK IDR Administration IDR 100.000
  • BPKB RP.225.000 Biaya Administrasi Sepeda Motor

Total Proses Balik Nama yang Harus Anda Bayar adalah IDR 820.000

Dengan demikian, total biaya balik nama yang harus Anda bayar adalah Rp820.000. Biaya ini tidak termasuk denda pajak yang terlambat yang bervariasi sesuai dengan durasi pajak untuk kendaraan. Jangan terlambat membayar pajak atas kendaraan. Iya kamu!

C. Biaya di Luar Pajak

Tidak hanya biaya pajak, tetapi beberapa biaya di luar pajak juga harus dibelanjakan, seperti biaya pendaftaran untuk nama BPKB, Verifikasi fisik Rp. 30.000, serta saran sukarela untuk agen bagian verifikasi fisik.

Dengan demikian, kira -kira biaya di luar pajak yang perlu Anda belanjakan lebih besar dari RP140.000.

Note: biaya balik nama motor lewat biro jasa akan berbeda ya, kalau diatas adalah dilakukan sendiri.

Kesimpulan

Nah, bahkan jika langkah - langkah untuk Biaya BBN Motor cukup panjang, menenangkan Anda! Proses balik nama Anda akan menjadi lancar jika Anda benar -benar memenuhi semua Syarat Balik Nama Sepeda Motor yang ditentukan! Dengan membayar pajak, ini berarti Anda telah membantu pemerintah untuk mengembangkan Indonesia yang lebih maju.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url