Cara Menjaga Baterai Health iPhone Dan Android

Cara Menjaga Kesehatan Baterai Health iPhone

Salah satu komponen yang terutama dari smartphone yakni baterai. Mengetahui cara menjaga baterai health iPhone dibutuhkan supaya ponsel senantiasa dapat bekerja dengan baik. 

Battery health merupakan jangka waktu konsumsi baterai saat sebelum diisi energi. Pastinya, baterai yang telah lama digunakan memiliki pengaruh tertentu pada fitur.

Cara Menjaga Baterai Health iPhone
Cara Menjaga Baterai Health iPhone

Akan tetapi, agar penurunan kesehatan baterai dalam waktu yang singkat, senantiasa perawatan baterai iPhone harus dengan apik. 

Walaupun pada kesimpulannya kesehatan baterai senantiasa bakal menurun, paling tidak merawat baterai bakal memperlambat penurunan kesehatan baterai tersebut berlangsung tidak dalam waktu dekat.

Buat jaga kesehatan baterai di gadget itu sebenarnya mudah, ikuti cara menjaga baterai health iPhone serta Android berikut ini! Hanya saja membutuhkan kebiasaan yang memang teratur.

Menjaga Battery Health di iPhone

Karna baterai merupakan kunci supaya suatu smartphone bisa beroperasi dengan baik, kesehatannya merupakan perihal yang wajib kalian beri kepedulian ekstra. Sudahkah kalian mengecek kesehatan bateraimu?

Cara Cek Battery Health iPhone pada iPhone 6 serta tipe lebih baru, iOS 11. 3 serta tipe lebih baru meningkatkan fitur baru buat menunjukkan kesehatan baterai serta memberitahukan apabila baterai wajib diganti. Fitur ini bisa ditemui di Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai.

Pada tampilan Kesehatan Baterai ataupun Battery Health, pengguna akan melihat bahwa kapasitas optimal pengecasan ponsel dengan angka 1- 100 persen. 

Apabila kapasitasnya terletak di bawah 80 persen, atau baterai iPhone tersebut telah terkategori usang serta perlu dibawa dan diganti supaya performa ponsel senantiasa optimal kembali.

Bila kapasitas baterai optimal terletak di angka 80 persen, hingga baterai masih terkategori" sehat" serta belum mempengaruhi performa.

Panduan Merawat Battery Health iPhone

  1. Lakukan Charge hingga 80–90%, jangan lakukan sampai full. Mulai charge lagi pada saat baterai minimun 20%.
  2. Pastikan jangan mengisi daya baterai semalaman.
  3. Matikan Fitur yang tidak selalu dipakai seperti wifi / bluetooth kala tidak dipakai. Tujuannya bisa mengirit pemakaian baterai, Yang akan mengurangi masa pakai dari baterai.
  4. Jangan kerap tutup aplikasi. iPhone memiliki AOD yang mengendalikan power latar belakang app yang lagi terbuka, sehingga membuka- tutup aplikasi bakal mengganggu sistemnya. Perlu power lebih kala membuka aplikasi baru dibanding kembali ke aplikasi yang telah dibuka di latar belakang.
  5. Turunkan brightness serta pakai dark mode. Dark mode dapat mengirit energi sampai 30–63%.( Ini berlaku buat smartphones dengan layar OLED).
  6. Lepas case iPhone pada saat melakukan pengisian daya.
  7. Pastikan aksesoris yang terpakai adalah resmi Apple ataupun aksesoris dengan label sertifikasi MFi semacam Anker, Ugreen, Baseus.
  8. Jangan sering sering gunakan wireless charger
  9. Gunakan fast charging seperlunya saja sebab menimbulkan panas berlebih. Lebih baik pakai charger bawaan iPhone yang 5 watt.
  10. Sebisa mungkin jangan gunakan charger di mobil ataupun powerbank.

Cara Menjaga Baterai HP Agar Awet

Berbeda dengan iPhone, cara Menjaga Baterai HP Agar Awet pada ponsel Android tidak mempunyai fitur pengecekan status baterai bawaan. 

Pengguna hanya dapat melihat keadaan baterai melalui tombol"#*#4636#*#*" di menu dialer ponsel serta memilih menu" Battery Information". Kelemahannya adalah tidak seluruh ponsel Android mempunyai menu tersebut.

Alternatif cara lain, pengguna dapat memasang bermacam aplikasi free yang tersebar di Google Play Store agar bisa melakukan pengecekan baterai, salah satunya merupakan AccuBattery yang dapat diunduh di Play Store. Keadaan baterai sendiri dapat dilihat di tab" Health" pada aplikasi tersebut.

Kekurangannya adalah tidak bakal dapat diketahui pada dikala pengguna memasang AccuBattery buat pertama kalinya. 

Alasannya, aplikasi tersebut memerlukan beberapa jam agar mengkalibrasi performa baterai serta memperkirakan kapasitas optimal pengecasan ponsel tersebut, apakah kinerjanya masih bagus ataupun tidak. 

Baterai ponsel Android umumnya dinilai usang apabila kapasitas pengecasan maksimalnya terletak di bawah persentase 80 persen.

Panduan Merawat Baterai Android

  1. Hampir sama setiap HP, Jauhi pengisian energi sampai 100 persen. 
  2. Hentikan pengisian baterai kala telah terisi 80% Agar terjaga kondisi sehingga senantiasa prima.
  3. Jangan lakukan pengisian baterai semalaman.
  4. Jangan biarkan baterai kosong total hingga membuat ponsel mati.
  5. Jangan melaksanakan pengecasan di tempat panas. Jauhi pula pemakaian ponsel di tempat dengan temperatur yang ekstrim, baik itu panas ataupun dingin.
  6. Jauhi memainkan permainan kala pengisian berlangsung.
  7. Pakai charger serta kabel asli yang kualitasnya sudah terjamin.
  8. Aktifkan fitur penghemat baterai supaya ponsel tidak sangat selalu diisi dayanya.
  9. Aktifkan Airplane Mode bila dirasa tidak terdapat kegiatan berarti. Supaya dapat tersambung dengan koneksi internet di mode ini, dapat mengenakan jaringan WiFi yang ada.
  10. Perbarui sistem operasi perangkat. Umumnya, pembaruan bakal tingkatkan performa ponsel secara totalitas, tidak terkecuali baterai.
  11. Pakai tampilan serba hitam( dark mode) serta redupkan tingkatan kecerahan( brightness) layar buat mengirit baterai.
  12. Matikan fitur GPS serta posisi di HP android apabila tidak dibutuhkan.

Bagaiman gaes? apakah kalian sudah tahu cara menjaga baterai health iPhone serta android. Bagi yang belum paham, mudah - mudahan dengan informasi di atas, kalian bisa menjaga kesehatan baterai smartphone - mu dengan baik, Hanya butuh keteraturan saja ya! 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url